NAMA : RIZA NUR AZIZAH
NPM : C1021511RB4008
TUGAS SOSIOLOGI KOMUNIKASI
RESUME TUGAS KELOMPOK
Kelompok 1 tentang media dan keluarga
Kelompok 2 tentang media dan anak
Kelompok 3 wanita, pornografi dan media
Kelompok 4 media, gaya hidup dan konsumerisme
Kelompok 5 hiburan dan media
KELOMPOK 1
MEDIA DAN KELUARGA
Keluarga adalah basis pendidikan yang paling utama, dan orang tua merupakan figure utama pendidik dalam keluarga. Keteladanan serta Sosialisasi orang tua merupakan pola pendidikan yang paling ringkas, simple dan efektif. Keluarga juga termasuk tingkat urut paling atas dalam sigma piramida mengenai proses perkembangan anak, di mulai dari lingkungan keluarga pembentukan karakter seorang anak akan terlihat. Dalam perkembangan media, orang tua harus menjadi pengawas dan pengendali terhadap aktivitas anak, disinilah peran orang tua yang paling utama agar anak tidak kecenderungan terhadap media apalagi jika konten media yang di gunakannya dapat merusak perkembangan otak anak dan tidak sehat.
Poin-poin yang harus dilakukan dalam keluarga yaitu:
Selalu dekat dengan anak-anaknya,
Memberi pengawasan dan pengendalian yang wajar,sehingga jiwa anak tidak merasa tertekan,
Mendorong agar anak dapat membedakan antara benar dan salah, baik dan buruk, pantas dan tidak pantas dan sebagai nya,
Ibu dan Ayah dapat membawakan peran sebagai orang tua yang baik serta menghindarkan perbuatan dan perlakuan buruk serta keliru di hadapan anak-anaknya, dan
Menasihati anak-anaknya jika melakukan kesalahan serta menunjukkan dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar.
KELOMPOK 2
MEDIA DAN ANAK
Di era globalisasi ini media sudah gencarnya mempengaruhi khalayak terutama di kalangan anak-anak, dampak yang timbulkannya pun beragam, di tengah era globalisasi ini yang serba canggih dan modern membuat anak-anak tidak bisa mengontrol keinginannya untuk memenuhi rasa puasnya terhadap media. Seperti media televisi, media ini sangat mudah didapatkan bahkan hampir di setiap rumah ada televisinya dan rata-rata pengguna aktif media ini adalah anak-anak, efek yang di timbulkannya berupa:
EFEK TELEVISI BAGI ANAK
Positif : -informasi dan ide yang membuat anak
berkembang dalam berpikir.
-memotivasi anak dalam berbagai bidang
Keilmuan seperti dokter, guru, pilot.
-mengetahui kejadian terkini lebih luas.
-hiburan sesuai selera (kartun).
Negatif:-menyita waktu belajar anak.
-membuat anak menjadi konsumtif
Dan hedonik karena terbawa iklan.
-membuat anak malas bergerak dan ber
main diluar
-terpengaruh oleh tayangan yang bebas
seperti perkelahian, pacaran dan lainlain
Begitu pula dengan media sosial ada efek yang timbulkan bagi anak yaitu :
Positif :- mengembangkan keterampilan.
-memperluas jaringan.
-menambah informasi terkini.
-hiburan
Negatif :-menyita waktu belajar.
- mudah mengakses informasi negatif.
-mudah terpengaruh hal negatif.
-merusak tatanan b. Indonesia karena sosmed
Tidak menganut ejaan baku.
Selain media televisi dan media sosial ada media lain seperti radio, majalah, online dan media lainnya yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan anak dan sebagai orang tua tentunya harus berperan sebagai penjaga gawang untuk mampu memilah dan menilai isi media massa yang cocok sesuai umur anak.
KELOMPOK 3
PEREMPUAN, PORNOGRAFI DAN MEDIA
Perempuan merupakan objek utama dari pornografi itu sendiri. Dalam bahasan ini posisinya sebagai korban. Mengapa perempuan? Karena perempuan dianggap sebagai sesuatu yang dapat di nilai dengan materi selain itu lekukan tubuh perempuan juga dijadikan sebagai objek kepuasaan bagi kaum lelaki.
Media yang merupakan alat penyebaran pelecehan terhadap kaum perempuan dengan konten pornografi kini mudah di akses di berbagai sosial media lainnya sehingga menjadi konsumsi public terutama di kalangan para remaja. Jika sudah demikian menambah poin penasaran, melihat dan pada akhirnya kecanduan, sehingga hal tersebut dapat berdampak pada psikolog seseorang. Jika ini di biarkan tidak menutup kemungkinan kasus-kasus pemerkosaan dan pelecehan terhadap perempuan akan semakin terjadi dan meresahkan masyarakat apalagi korbannya banyak terjadi pada anak-anak di bawah umur.
KELOMPOK 4
MEDIA, GAYA HIDUP DAN KONSUMERISME
Media massa merupakan salahsatu tren terkini penyebab terjadinya globalisasi atau pedekatan dan hal tersebut memaksa masyarakat untuk melek media kendati demikian masyarakat harus memilah informasi yang masuk ke otak.
Gaya hidup merupakan ciri sebuah dunia modern. Maksudnya adalah siapa pun yang hidup dalam masyarakat modern akan menggunakan gagasan tentang gaya hidup untuk menggambarkan tindakannya sendiri maupun orang lain. Gaya hidup adalah pola-pola tindakan yang membedakan antara satu orang dengan orang lainnya.
Konsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan.
KELOMPOK 5
HIBURAN DAN MEDIA
HIBURAN :
Aktivitas hiburan mencerminkan nilai-nilai dan kondisi masyarakat
Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kebahagian dan kepuasaan seseorang
hiburan dapat berupa komedi, drama, tragedi, music, permainan, dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya
Sedemikian dahsyatnya efek media pada manusia. Komunikasi massa berhasil mempengaruhi masyarakat mulai dari efek kognitif (pengetahuan), afektif (emosional dan perasaan) dan behavioral (perubahan pada prilaku). Namun pada dasarnya, efek yang ditimbulkan tersebut tidak akan pernah bisa berdiri sendiri, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Karena saat masyarakat menerima pesan, mereka tidak langsung menerimanya, namun menyaring pesan tersebut, dengan berpikir dan mempertimbangkannya. Karena masih ada faktor pribadi dan faktor sosial, yang menentukan seberapa besar efek media massa pada perubahan sikap dan prilaku manusia.
Sejatinya, manusia hidup dalam dunia yang dipenuhi berbagai kebutuhan dan kepentingan, dimana media memiliki peran besar didalamnya. Apa yang dilakukan oleh masyarakat, mungkin tidak secara langsung akibat dari pengaruh media. Namun tidak dapat dibantah, bahwa masyarakat global akan semakin tergantung pada media. Karena pada dasarnya, manusia di muka bumi ini, tinggal dalam global village atau desa global, karena besarnya pengaruh media massa dalam kehidupan sehari-hari manusia.
kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutnsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut mKonsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan.
enjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan.an. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar